Mengapa Cuaca Kalsel Tak Menentu Beberapa Tahun Ini? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 16 Januari 2019

Mengapa Cuaca Kalsel Tak Menentu Beberapa Tahun Ini?

BERITABANJARMASIN.COM - Tujuh Kawasan di Kalimantan Selatan masuk prediksi BMKG berpotensi didera hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam update situs resmi BMKG, Rabu (16/1/2019).

foto: bmkg


Ketujuh kawasan ini yaitu Kabupaten Kotabaru, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjar, dan Batola. 


Sedangkan delapan wilayah lain di Kalsel yang diprediksi bakal hujan disertai petir yaitu daerah Barabai, Kandangan, Kotabaru, Pelaihari, Rantau, dan Tanjung.


Berdasarkan update peringatan BMKG ini masyarakat diminta selalu berhati-hati dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan membawa perlengkapan perlindungan seperti jas hujan untuk melindungi diri agar menghindari cuaca yang ekstream dan tidak menentu.


Mengapa beberapa tahun belakangan cuaca tampak tak menentu? Salah sebab yang sering diungkapkan adalah efek pemanasan global. Dilansir Detik, BMKG melalui Kepala Pusat Iklim Agro Klimat II Iklim Maritim-nya, Nurhayati, pernah melansir pernyataan 2014 lalu kalau 30 tahun mendatang rata-rata temperatur di Indonesia akan meningkat 0,5-1,4 derajat celcius karena pengaruh perubahan iklim. Ini berdampak pada respon tiap wilayah di Indonesia terhadap peningkatan atau penurunan curah hujan. Karena sebenarnya setiap daerah itu curah hujannya juga berbeda-beda. (puji/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner